photo IKLAN_zps0bd7cdbd.png

Wednesday, December 5, 2012

Bumi Perkemahan Rancaupas – Ciwidey Bandung



Kegiatan perkemahan merupakan kegiatan yang positif dalam menguji daya tahan di alam liar, uji keberanian, latihan survive, dan leadership.
Makanya kegiatan ini biasanya diadakan rutin oleh sekolah-sekolah dari mulai tingkatan dasar sampai perguruan tinggi. Rata-rata mereka yang mengikuti kegiatan perkemahan ini merasakan adanya pengaruh positif yang signifikan terutama dalam soal kemandirian hidup, tidak cengeng, dan terlebih adanya saling pengertian dan kegotongroyongan diantara sesama.
Lokasi bumi perkemahan tentunya juga berpengaruh dalam apakah kegiatan pelaksanaan perkemahan itu menarik atau membosankan. Untuk itu, patut dipilih lokasi yang juga bisa memberikan kesan mendalam dari para peserta kemah. Nah, salah satu yang banyak direkomendasikan adalah Bumi Perkemahan Ranca Upas yang berada di daerah Ciwidey, Bandung Selatan.

Berkemah dan Berwisata
Meskipun namanya bumi perkemahan, namun yang datang ke lokasi ini ternyata tak hanya para peserta kemah atau pecinta alam. Namun juga banyak diantaranya para wisatawan. Biasanya wisatawan yang sedang berekreasi ke Ciwidey pun menyempatkan diri untuk mengunjungi objek wisata ini. Lokasinya tidak jauh dari gerbang utama Kawah Putih Ciwidey, sebelum memasuki kawasan Perkebunan Teh Ranca Bali.
Bumi Perkemahan Ranca Upas sendiri memiliki luas sekitar 215 hektar dengan dominasi wilayah perbukitan dan hutan alam yang begitu luas. Lokasi ini berada diatas ketinggian sekitar 1.700 diatas permukaan laut (dpl) dengan suhu udara antara 18-23 derajat celsius. Hutan alam di kawasan ini ditumbuhi beberapa jenis pepohonan seperti Puspa, Jamuju, Huru, Kitambang, Kihujan, Hamirung, Kurai dan Pasang. Sementara fauna yang dapat ditemukan antara lain burung tekukur, gagak, elang serta surili, monyet dan macan.

Pengunjung yang datang kesini akan dimanjakan dengan pemandangan alam khas Kota Kembang Bandung yang eksotis dan menawan. Juga bisa sekalian melihat penangkaran rusa yang lokasinya tak jauh dari bumi perkemahan. Kawanan rusa tipe jinak yang pada awalnya didatangkan dari Kebun Binatang Ragunan Jakarta menjadikan daya pikat tersendiri obyek wana wisata Bumi Perkemahan Ranca Upas ini

Lokasi
Bumi Perkemahan Ranca Upas terletak di Desa Alam Endah, Kecamatan Ciwidey, yang secara administratif masuk dalam wilayah Bandung Selatan.
sumber : http://bandung.panduanwisata.com/berkemah-ria-di-bumi-perkemahan-ranca-upas/
baca juga tentang kawah putih - Bandung
dan bumi perkemahan rancaupas ciwidey
Selamat Berkunjung J

No comments:

Post a Comment