Sunday, December 2, 2012

Cara membuat leaflet (brosur) dengan Microsoft Word 2007

contoh leaflet halaman depan 

contoh leaflet halaman belakang 

Pengertian leaflet (brosur)
Dari wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Brosur adalah terbitan tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu (antara lain dengan stapler, benang, atau kawat), biasanya memiliki sampul, tapi tidak menggunakan jilid keras. Menurut definisi UNESCO, brosur adalah terbitan tidak berkala yang tidak dijilid keras, lengkap (dalam satu kali terbitan), memiliki paling sedikit 5 halaman tetapi tidak lebih dari 48 halaman, di luar perhitungan sampul.
Di Inggris dari abad ke-16 hingga abad ke-18, istilah pamphlet digunakan untuk ringkasan risalah yang kontroversial mengenai topik-topik aktual, umumnya berhubungan dengan agama atau politik

Bila terdiri dari satu halaman, brosur atau pamflet umumnya dicetak pada kedua sisi, dan dilipat dengan pola lipatan tertentu hingga membentuk sejumlah panel yang terpisah. Pamflet yang hanya terdiri dari satu lembar/halaman sering disebut selebaran (bahasa Inggris: leaflet, flier, atau flyer). Selain itu, brosur yang memuat informasi tentang produk disebut juga sebagai katalog produk atau sering hanya disebut katalog.
Brosur atau pamflet memuat informasi atau penjelasan tentang suatu produk, layanan, fasilitas umum, profil perusahaan, sekolah, atau dimaksudkan sebagai sarana beriklan. Informasi dalam brosur ditulis dalam bahasa yang ringkas, dan dimaksudkan mudah dipahami dalam waktu singkat. Brosur juga didesain agar menarik perhatian, dan dicetak di atas kertas yang baik dalam usaha membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk tersebut.
Buklet sering memiliki sampul, halaman judul, dijilid, dan memiliki jumlah halaman lebih banyak dari pamflet. Bentuknya sering terlihat seperti buku berukuran kecil. Berbeda dengan brosur atau pamflet, buklet bukan merupakan sarana beriklan secara langsung.
Sejumlah produk konsumen seperti barang elektronik, sering menyertakan buklet berisi spesifikasi produk atau penjelasan cara penggunaan. Buklet yang menyertai barang elektronik kadang-kadang memiliki jumlah halaman yang banyak dan tidak untuk habis dibaca dalam satu kali kesempatan. Album rekaman, seperti kaset atau CD sering menyertakan buklet yang berisi lirik lagu, foto, dan nama-nama artis pendukung.

Langkah- langkah membuat brosur dengan Microsoft Word 2007

1. Buka Ms office 2007 kemudian pilih new >>broucheres dan boooklets, liat gambar di bawah ini








2.Pilih template yang anda ingin buat, misalnya  Business brouchure (lavel desain) kemudian anda klik donwload pada bagian kanan akan terbuka 2 layer baru, liat gambar di bawah 


3. Selanjutnya anda tinggal edit teks sesuai apa yang anda inginkan


demikianlah Cara Membuat Brosur di Microsoft Word 2007
catatan : ketika mendonwload template brosur tersebut laptop harus connect ke internet


Semoga bermanfaat :)


cara membuat email di yahoo 
cara memasang web banner / iklan di blogspot 
cara membuat kode HTML 

25 comments:

  1. waah bermanfaat sekali untuk tugas saya.. terimakasih ya indah..

    ReplyDelete
  2. hahhahha,,, sama-sama anis cantikk :)

    ReplyDelete
  3. CARA GANTI BACKGROUN NYA BISA GAK MBAK

    ReplyDelete
  4. arison : sama2

    aisyah : ga bisa syah,, tapi ada yg polos kok backgroundnya , dri photoshop mungkin bisa :D

    ReplyDelete
  5. makasih infonya.. ketertarikan saya pada desain blog ini yang sangt berkesan.

    ReplyDelete
  6. trimah kasih yach ats infox sangat mmbatu:)

    ReplyDelete
  7. terima kasih kembali Saudara" :D

    ReplyDelete
  8. download template nya gmna ?

    ReplyDelete
  9. @ourba liat langkah no 2,

    @jihan , sama" :D

    ReplyDelete
  10. Tengkyu yaaa indah.. :)

    ReplyDelete
  11. Terimakasih ini sangat membantu :)

    ReplyDelete