photo IKLAN_zps0bd7cdbd.png

Tuesday, December 18, 2012

SINDIKASI, FORUM dan ETIKA



SINDIKASI
Sindikasi web adalah suatu bentuk sindikasi yang menyediakan bagian dari suatu situs web untuk digunakan oleh situs lainnya. Ini dapat dilakukan secara sederhana dengan melisensikan isinya untuk dapat digunakan orang lain. Umumnya, sindikasi web merujuk pada penyediaan umpan web dari suatu situs kepada orang lain untuk memberikan ringkasan isi yang baru ditambahkan pada situs tersebut, misalnya berita atau kiriman forum terbaru.
 Sindikasi menguntungkan baik bagi situs yang menyediakan informasi maupun situs yang menayangkannya. Untuk situs penerima, sindikasi isi adalah suatu cara efektif untuk menambah kedalaman dan kemutahiran informasi pada halaman-halaman mereka dan membuatnya menjadi lebih menarik untuk pengunjung. Untuk situs pengirim, sindikasi memberikan pemaparan di berbagai platform terhubung. Ini akan menghasilkan lalu lintas baru bagi situs pengirim dan membuat sindikasi menjadi suatu cara pemasaran yang mudah dan gratis.
Semakin diterimanya sindikasi web juga menjadi perhatian bagi pemasar terhubung. Peselancar web menjadi lebih hati-hati dalam memberikan informasi personal untuk bahan pemasaran (seperti mendaftar pada suatu nawala) dan sebaliknya lebih memilih untuk berlangganan pada suatu umpan.
Walaupun format sindikasi dapat berupa apa pun yang dapat dikirim melalui HTTP, seperti HTML atau JavaScript, umumnya sindikasi dikirim dalam format XML. Dua keluarga utama format sindikasi web adalah RSS dan Atom.

FORUM
Forum internet merupakan fasilitas yang tersedia di internet, dan penggunanya dapat berdiskusi. Forum berbasis internet ini sudah dikenal sejak tahun 1995, dan fungsinya mirip bahkan lebih baik dari papan buletin dan milis internet yang sudah ada sejak tahun 1980-an. Perasaan komunitas virtual sering muncul pada fourm-forum yang memiliki anggota tetap. Teknologi, permainan komputer, dan politik merupakan tema paling populer yang menjadi pokok bahasan forum internet, tetapi masih banyak lagi topik-topik lainnya.
Forum anonim menawarkan anonimitas secara penuh atau anonimitas semu, memperbolehkan pengiriman secara anonim. captcha, otentikasi email, dan tripcode merupakan cara-cara yang diterapkan untuk mencegah serangan spam pada forum-forum anonim. Anggota yang terdaftar di forum memiliki hak yang lebih baik, misalnya kemampuan untuk menyunting kirimannya sendiri, memulai topik, mengontrol pengaturan dan akses ke profil pengguna lain. Anggota diindentifikasikan dengan nama pengguna (username) yang unik. Profil umumnya memiliki gambar berupa avatar dan blok tanda tangan yang ditambahkan pada akhir setiap kiriman. Anggota juga memiliki hak untuk mengirim pesan pribadi ke pengguna lainnya. Terkadang anggota terdaftar juga memiliki hak untuk menghapus kiriman sebelumnya dan menutup topik yang dibuatnya.
Seorang administrator forum memiliki kemampuan untuk menyunting, menghapus, memindahkan atau melakukan perubahan terhadap topik yang ada di forum. Administrator umumnya juga memiliki kemampuan untuk menutup forum, mengganti peralatan forum, mengganti kulit secara global, memodifikasi forum, dan memblokir, menghapus atau menambah anggota dalam forum. Hak aksesmoderator umumnya dapat diwakilkan kepada anggota forum lainnya. Moderator memiliki kemampuan yang lebih sedikit dibanding administrator, di antaranya adalah menyunting, menghapus, memindahkan topik, memperingati anggota atas kiriman yang dianggap kasar dengan alasan yang logis, atau mengganti detail forum. Untuk menjadi seorang moderator, anggota terlebih dahulu harus mengirimi surat lamaran ke administrator melalui pesan pribadi(Private Message/PM).

ETIKA
Kiriman ganda
Pelanggaran forum yang paling banyak adalah pengiriman ganda dalam forum yang sama. Hal ini juga dapat menunjuk kepada orang yang mengirim pada forum yang berbeda tetapi hanya memiliki sedikit perbedaan isi, khususnya di forum yang memperbolehkan pengguna menyunting kiriman sebelumnya. Dalam kasus ini, jumlah post untuk pengguna tersebut dapat bertambah. Kiriman ganda dapat terjadi secara tidak disengaja, ketika pengirim menerima pesan kesalahan bahwa terdapat perintah pengiriman HTTP POST walau pengiriman pesan sedang dilakukan, ketika pengguna tidak bersabar dan menekan tombol pengiriman berulang kali. Dalam beberapa kasus, pengiriman ganda kadang merupakan bentuk penyebaran spam.

SPAM
Pengiriman spam adalah bentuk pelanggaran etika forum dimana pengguna mengirim kata atau frase yang sama berulang-ulang, tetapi berbeda dari kiriman ganda karena pengiriman spam lebih ditujukan karena kesengajaan dan kadang-kadang dengan niat yang buruk.

No comments:

Post a Comment