photo IKLAN_zps0bd7cdbd.png

Saturday, December 8, 2012

Pengertian dan Fungsi Leaflet


Apa yang dimaksud dengan brosur/leaflet? 
Brosur adalah salah satu cara terbaik untuk mempresentasikan perusahaan Anda. Ada tri-fold brosur (brosur lipat tiga) yang digunakan untuk mengiklankan produk baru atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda, atau ada brosur bi-fold folder (brosur lipat dua) yang digunakan untuk mempresentasikan proyek perusahaan Anda di luar atau di dalamnya.
Ada banyak contoh dan jenis brosur yang berbeda, dan setiap jenis memiliki cara berbeda untuk dirancang. Desain brosur bi-fold yang dipergunakan untuk mempresentasikan proyek-proyek perusahaan Anda untuk penggunaan internal akan berbeda bila dibandingkan untuk penggunaan eksternal.
Menentukan desain yang baik sebelum anda melakukan cetak adalah cara terbaik untuk memperkenalkan perusahaan Anda untuk pelanggan potensial Anda. dan tentunya melakukan promosi perusahaan Anda.

Brosur memiliki tiga fungsi:
Fungsi informatif
brosur biasanya digunakan untuk menginformasikan kepada pelanggan potensial Anda berkaitan dengan perusahaan Anda. Informasi ini berkaitan dengan presentasi perusahaan Anda, produk baru atau layanan yang perusahaan Anda tawarkan, atau perubahan terbaru dalam nama perusahaan Anda, dll
Fungsi iklan
brosur benar-benar penting sebagai alat iklan atau promosi, yang menarik dan memungkinkan Anda untuk mempromosikan satu atau lebih produk atau jasa. Untuk keterangan lebih lanjut fungsi ini akan dianalisis dalam aspek Periklanan.
Fungsi Identifikasi :
desain brosur yang baik memungkinkan Anda untuk mempertahankan kriteria yang sama melalui semua brosur perusahaan Anda. Jika kriteria ini (kadang-kadang disebut konsep) disatukan dalam semua jenis brosur, itu akan membuat perusahaan Anda mudah di identifikasi. Ini akan memberikan prestise dan kredibilitas perusahaan Anda. Hal ini penting untuk brosur perusahaan Anda tidak hanya memiliki "konsep", tetapi juga memiliki logo: sebuah logo yang dirancang dengan baik sangat penting bagi setiap perusahaan, adalah salah satu langkah pertama untuk memulai kampanye iklan.
Ketiga fungsi harus memiliki interaksi. Brosur tersebut harus menjadi hasil dari interaksi yang terjadi, jika tidak maka tidak akan efektif. Mungkin salah satu dari ketiga aspek tersebut lebih menonjol dari yang lain, tapi ini tidak akan mempengaruhi desain brosur Anda.
Sebagai contoh, jika perusahaan Anda ingin melakukan promosi peluncuran sebuah produk baru dan memutuskan untuk memiliki brosur yang dirancang untuk peluncuran ini, fungsi yang akan menonjol pada brosur Anda adalah iklan, meskipun brosur ini bisa memiliki informasi tentang produk dan pada saat yang sama waktu mewakili perusahaan Anda.
Tetapi jika perusahaan Anda menyajikan sebuah proyek untuk eksekutif perusahaan lain, fungsi yang akan muncul pada pandangan pertama dalam brosur ini adalah salah satu identifikasi, yang membuat perusahaan Anda exclusive dan bergengsi, sedangkan iklan dan fungsi informatif akan berada dalam tempat kedua.
Brosur ini sangat penting ketika kita berbicara tentang citra perusahaan Anda. Anda harus mendiskusikan dengan perusahaan desain Anda tentang format brosur terbaik yang akan dipilih, karena pilihan yang menentukan jika Anda ingin perusahaan Anda dapat dengan mudah di identifikasi.
Sebuah contoh brosur iklan bisa berwarna-warni dan memiliki tipografi yang besar, tetapi hal tersebut bukanlah hal yang tepat untuk proyek presentasi, karena biasanya proyek presentasi membutuhkan desain yang simple, sederhana dan formal.
Singkatnya, untuk merencanakan brosur perusahaan Anda, Anda harus:
- Pikirkan tentang tujuan brosur dan fungsi. Utamakan salah satu fungsinya, seperti informatif, iklan atau fungsi identifikasi.
- Periksa apakah fungsi-fungsi tersebut berada dalam brosur anda, meskipun salah satu lebih menonjol dan yang lain tidak. Pilih format brosur yang tepat berdasarkan tujuannya.
dan perbadaan Brosur, katalog, flayer 
semoga bermanfaat :) 

2 comments: