Apa yang dimaksud dengan brosur/leaflet?
Brosur
adalah salah satu cara terbaik untuk mempresentasikan perusahaan Anda. Ada
tri-fold brosur (brosur lipat tiga) yang digunakan untuk mengiklankan produk
baru atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda, atau ada brosur bi-fold
folder (brosur lipat dua) yang digunakan untuk mempresentasikan proyek
perusahaan Anda di luar atau di dalamnya.
Ada
banyak contoh dan jenis brosur yang berbeda, dan setiap jenis memiliki cara
berbeda untuk dirancang. Desain brosur bi-fold yang dipergunakan untuk
mempresentasikan proyek-proyek perusahaan Anda untuk penggunaan internal akan
berbeda bila dibandingkan untuk penggunaan eksternal.
Menentukan
desain yang baik sebelum anda melakukan cetak adalah cara terbaik untuk
memperkenalkan perusahaan Anda untuk pelanggan potensial Anda. dan tentunya
melakukan promosi perusahaan Anda.
Brosur memiliki tiga fungsi:
Fungsi informatif
brosur
biasanya digunakan untuk menginformasikan kepada pelanggan potensial Anda
berkaitan dengan perusahaan Anda. Informasi ini berkaitan dengan presentasi
perusahaan Anda, produk baru atau layanan yang perusahaan Anda tawarkan, atau
perubahan terbaru dalam nama perusahaan Anda, dll
Fungsi iklan
brosur
benar-benar penting sebagai alat iklan atau promosi, yang menarik dan
memungkinkan Anda untuk mempromosikan satu atau lebih produk atau jasa. Untuk
keterangan lebih lanjut fungsi ini akan dianalisis dalam aspek Periklanan.
Fungsi Identifikasi :
desain
brosur yang baik memungkinkan Anda untuk mempertahankan kriteria yang sama
melalui semua brosur perusahaan Anda. Jika kriteria ini (kadang-kadang disebut
konsep) disatukan dalam semua jenis brosur, itu akan membuat perusahaan Anda
mudah di identifikasi. Ini akan memberikan prestise dan kredibilitas perusahaan
Anda. Hal ini penting untuk brosur perusahaan Anda tidak hanya memiliki
"konsep", tetapi juga memiliki logo: sebuah logo yang dirancang
dengan baik sangat penting bagi setiap perusahaan, adalah salah satu langkah
pertama untuk memulai kampanye iklan.
Ketiga
fungsi harus memiliki interaksi. Brosur tersebut harus menjadi hasil dari
interaksi yang terjadi, jika tidak maka tidak akan efektif. Mungkin salah satu
dari ketiga aspek tersebut lebih menonjol dari yang lain, tapi ini tidak akan
mempengaruhi desain brosur Anda.
Sebagai
contoh, jika perusahaan Anda ingin melakukan promosi peluncuran sebuah produk
baru dan memutuskan untuk memiliki brosur yang dirancang untuk peluncuran ini,
fungsi yang akan menonjol pada brosur Anda adalah iklan, meskipun brosur ini
bisa memiliki informasi tentang produk dan pada saat yang sama waktu mewakili
perusahaan Anda.
Tetapi
jika perusahaan Anda menyajikan sebuah proyek untuk eksekutif perusahaan lain,
fungsi yang akan muncul pada pandangan pertama dalam brosur ini adalah salah
satu identifikasi, yang membuat perusahaan Anda exclusive dan bergengsi,
sedangkan iklan dan fungsi informatif akan berada dalam tempat kedua.
Brosur
ini sangat penting ketika kita berbicara tentang citra perusahaan Anda. Anda
harus mendiskusikan dengan perusahaan desain Anda tentang format brosur terbaik
yang akan dipilih, karena pilihan yang menentukan jika Anda ingin perusahaan
Anda dapat dengan mudah di identifikasi.
Sebuah
contoh brosur iklan bisa berwarna-warni dan memiliki tipografi yang besar,
tetapi hal tersebut bukanlah hal yang tepat untuk proyek presentasi, karena
biasanya proyek presentasi membutuhkan desain yang simple, sederhana dan
formal.
Singkatnya,
untuk merencanakan brosur perusahaan Anda, Anda harus:
- Pikirkan tentang tujuan brosur dan fungsi. Utamakan
salah satu fungsinya, seperti informatif, iklan atau fungsi identifikasi.
- Periksa apakah fungsi-fungsi tersebut berada dalam
brosur anda, meskipun salah satu lebih menonjol dan yang lain tidak. Pilih
format brosur yang tepat berdasarkan tujuannya.
dan perbadaan Brosur, katalog, flayer
semoga bermanfaat :)
Nice info... salam kenal
ReplyDeletesalam kenal :D
ReplyDelete