Saat Kita ingin mempromosikan
usaha/bisnis Kita melalui media cetakan, sebenarnya harus dipikirkan dahulu apa
tujuan kita membuat program tersebut. Ada 3 alternatif pembuatan media cetakan
sesuai fungsinya masing-masing. Ongkos produksi (biaya cetak) dari ke-3 media
tersebut sebenarnya sama. Tapi akan memiliki efek terhadap konsumen yang
berbeda. Berikut uraian mengenai ke-3 media cetak tersebut;
A. Brosur
Brosur adalah media yang paling
banyak digunakan oleh mereka yang sudah lama menggeluti usaha/bisnis. Media ini
termasuk sangat efektif dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk.
Efektif disini tidak hanya berarti memerlukan ongkos produksi yang cukup
ringan, tapi juga bisa meyakinkan konsumen untuk segera melakukan Action
membeli. Media cetakan dalam bentuk brosur biasanya merupakan modal paling
dasar/pokok yang digunakan oleh para salesman, agen penjualan, produsen dan
toko untuk bisa menginformasikan kepada konsumen mengenai keunggulan utama dari
sebuah produk. Di dalam Brosur kita bisa menjelaskan dengan detail apa saja
kelebihan suatu produk, keuntungan apa saja yang didapat konsumen bila membeli
produk tersebut, bentuk fisik, warna, ukuran serta bagaimana cara mendapatkan
produk tersebut. Fungsi & sifat utama brosur adalah memperkenalkan produk
atau merek dagang barang atau jasa yang Anda jual.
Kalau Anda kebetulan bisa
mengoperasikan program Microsoft Word atau Power Point, sebenarnya Anda sudah
bisa membuat brosur sendiri. Di dalam program tersebut biasanya sudah
disediakan “Templates” khusus untuk membantu Anda membuat brosur sederhana.
Anda juga bisa menggunakan keahlian dan imaginasi Anda sendiri tanpa harus
menggunakan templates tersebut. Setelah Anda selesai mendisain brosur sendiri,
disain tersebut dapat langsung dicetak dengan printer berwarna dan kertas
khusus yg sudah banyak beredar dipasaran. Namun kalau ingin mencetak dalam
jumlah yang banyak, sebaiknya pergi ke tempat percetakan terdekat supaya
biayanya lebih murah dan hasilnya lebih baik.
Sebenarnya agar brosur Anda
tampak menarik, diperlukan seorang Disainer yang bisa membuat lay out / tata
letak gambar dengan baik. Anda cukup menceritakan apa saja yang ingin
dimunculkan dalam brosur tersebut untuk kemudian dibuatkan beberapa alternatif
disain/lay out.
Kalau Anda menggunakan jasa
Disainer ini, usahakan Anda menceritakan dengan rinci dan detail mengenai
produk Anda. Berikan beberapa contoh (sample) produk Anda kepada Disainer
tersebut untuk dapat dicoba dan dimengerti keunggulan apa saja yang bisa
ditonjolkan dalam brosur. Pastikan bahwa disainer tersebut benar-benar mengerti
akan produk Anda sebelum memulai untuk megerjakan disain brosur Anda.
Bila disain sudah siap segeralah
pergi ke perusahaan percetakan untuk mencetak brosur Anda. Mintalah kepada
Disainer Anda referensi tempat percetakan yang baik agar tidak kecewa pada
hasil cetakannya. Karena kadang-kadang hasil cetakan tidak sesuai dengan
disainnya. Selain itu tanyakan juga jenis kertas yang dipakai. Di pasaran
banyak sekali jenis kertas dan untuk produk tertentu kadangkala kita memerlukan
jenis kertas tertentu untuk memberikan kesan yang sesuai dengan produk yang
kita jual.
Saat ini persaingan bisnis di
perusahaan percetakan sangat kuat sekali, sehingga kadang kala mereka juga
menyediakan jasa disain/lay out brosur secara gratis. Namun dengan catatan
harus mencetak brosur tersebut di perusahaan yang bersangkutan. Kadang kala
mereka mengharuskan order cetak sejumlah tertentu (minimum order) supaya
disainnya bisa gratis. Manfaatkanlah kemudahan tersebut.
B. Katalog
Bila produk yang ingin Anda
promosikan jumlahnya banyak dan ingin sekaligus di-expose bersama-sama, maka
disarankan untuk membuat Katalog. Karena produk yang dipromosikan dalam katalog
ini jumlahnya banyak, maka biasanya cetakannya disatukan dalam bentuk buku atau
majalah sederhana.
Katalog ini biasanya dipakai oleh
:
1. Supermarket (Carrefour, Giant,
Hypermart, Indomart, Alfamart dll)
2. Toko pakaian jadi (Matahari,
Borobudur, Ramayana dll)
3. Toko & Produsen kosmetika,
4. Toko & Produsen
elektronika, dll.
Katalog akan memudahkan konsumen
untuk bisa memilih sendiri produk mana yang sesuai dengan keinginan dan
anggaran biayanya. Terkadang produk-produk yang didisplay pada katalog disertai
juga dengan harga & diskon yang bersaing.
C. Selebaran/Flyer
Selebaran/flyer Adalah bentuk
sederhana dari brosur. Yang membedakannya dengan brosur adalah isi atau tema
yang ada dalam disainnya. Brosur biasanya hanya menonjolkan kelebihan utama
sebuah produk. Sedangkan selebaran/flyer biasanya berisi tentang program khusus
yang sifatnya sementara (temporary). Jadi bila Anda sedang melakukan program
cuci gudang, program berhadiah atau memberikan diskon khusus, maka buatlah
flyer. Selebaran/flyer biasanya menggunakan kertas cetakan yang lebih murah
karena memang sifatnya yang harus segera disebarkan kepada banyak orang dalam
waktu tertentu dan hanya selama program berlangsung.
liat juga Cara membuat brosur/leaflet
semoga bermanfaat :)
liat juga Cara membuat brosur/leaflet
semoga bermanfaat :)
No comments:
Post a Comment